Lima Siswa SD Keracunan Setelah Makan Roti

Written By bopuluh on Selasa, 27 November 2012 | 23.27

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Lima siswa SD Negeri Campursari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diduga mengalami keracunan setelah makan roti, Rabu (28/11/2012).

Guru SD Negeri Campursari, Kanti Sukaryati di Temanggung, mengatakan lima siswa yang diduga keracunan tersebut anak kelas lima, yakni Aprilian, Wisnu Aris Setyono, Muhammad Ikhsan, Sandi Nur Aryanto, dan Setyo Aji.

Kanti mengatakan, sekitar pukul 07.30 WIB, saat mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam mereka mengeluh sakit perut, badan lemas, pusing dan mual. Mereka meminta izin pergi ke kamar mandi. Namun, bukannya ke kamar mandi, mereka justru ke sungai yang tidak jauh dari sekolahan. Di sana mereka buang air besar dan muntah-muntah.

Pihak sekolah kemudian membawa kelima siswa itu ke puskemas terdekat agar mendapat perawatan medis. Setelah itu, mereka dibawa kembali ke sekolah. Namun Aprilian, Muhammad Ikhsan, dan Setyo Aji masih muntah-muntah sehingga langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Temanggung.

Berdasarkan keterangan siswa, kata Kanti, sebelum masuk sekolah mereka makan roti di warung dekat sekolah.

"Kami telah mengambil roti untuk dijadikan sampel. Roti itu selanjutnya dibawa puskesmas untuk diperiksa ke laboratorium Dinas Kesehatan," katanya.

Seorang siswa, Muhammad Ikhsan mengatakan sebelum masuk sekolah, bersama empat temannya makan roti seharga Rp 1.000 per bungkus yang dibeli dari warung dekat sekolah.

"Saat pelajaran pertama perut terasa mual, dan hingga kini masih sakit," katanya saat ditemui di ruang UGD RSUD Temanggung.

Dokter jaga UGD RSUD Temanggung, Novi Andriyani mengatakan berdasar observasi siswa yang mendapat perawatan di UGD positif menderita keracunan, dengan keluhan perut panas, pusing, muntah dan diare.

"Pasien datang pukul 11.00 WIB, penanganan medis yang dilakukan berupa pemberian obat dan bantuan nafas melalui selang oksigen," katanya.
Ia mengatakan, mereka menderita keracunan ringan, setelah tidak ada keluhan mereka bisa pulang ke rumah.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lima Siswa SD Keracunan Setelah Makan Roti

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2012/11/lima-siswa-sd-keracunan-setelah-makan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lima Siswa SD Keracunan Setelah Makan Roti

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lima Siswa SD Keracunan Setelah Makan Roti

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger