Baut Jembatan Sungai Barito Dicuri

Written By bopuluh on Minggu, 02 Desember 2012 | 23.27

Infrastruktur

Baut Jembatan Sungai Barito Dicuri

Penulis : Defri Werdiono | Senin, 3 Desember 2012 | 14:33 WIB

KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO

Ilustrasi: Tongkang batubara tengah melewati Sungai Barito, Senin (14/5/2012).

TERKAIT:

 BANJARMASIN, KOMPAS.com-Jembatan Barito dengan panjang 1.082 meter yang membentang di atas Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, ternyata tidak luput dari ulah jahil orang tidak bertanggung jawab. Pelaku mengambil baut jembatan tersebut.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah VII , Andriananda, di sela-sela Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-67 , di Banjarmasin, Senin (3/12/2012), membenarkan bahwa ada baut yang hilang. Sayangnya, ia tidak menyebut baut pada bagian mana yang hilang dan berapa jumlahnya.

"Ada tapi sudah diperbaiki. Setiap tahun selalu dilakukan pengecekan," ujarnya. Lokasi Jembatan Barito sendiri berada di jalur vital Jalan Trans-Kalimantan yang menghubungkan Banjarmasin di Kalimantan Selatan dan Palangkaraya di Kalimantan Tengah.

Seperti daerah lain, menurut Andriananda, jembatan di Kalimantan memang tidak terlepas dari ancaman, termasuk ditabrak tongkang.

Ia mencontohkan Jembatan Mahakam 1 di Kalimantan Timur ataupun jembatan Kasongan di Kalimantan Tengah juga rusak pada bagian vendernya akibat ditabrak.

Sejauh ini anggaran untuk perbaikan jembatan di jalan nasional mencapai Rp 5 juta per meter untuk bentang pendek dan biayanya bisa sampai Rp 200 juta per meter bila kerusakannya di atas rata-rata.   

Editor :

Tjahja Gunawan Diredja


Anda sedang membaca artikel tentang

Baut Jembatan Sungai Barito Dicuri

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2012/12/baut-jembatan-sungai-barito-dicuri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Baut Jembatan Sungai Barito Dicuri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Baut Jembatan Sungai Barito Dicuri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger