Mari Pangestu Temui Tokoh Penting di Russia

Written By bopuluh on Sabtu, 23 Februari 2013 | 23.27

JAKARTA, KOMPAS.com- Dalam lanjutan kunjungannya ke negara-negara Eropa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu berkunjung ke Moskow, Russia.

Disana, dia bertemu dengan Deputi Menteri L uar Negeri Ivanovich Denisov. Selain itu Mari Pangestu juga bertemu dengan sejumlah tokoh penting diantaranya Dr Victor Sumsky dari MGIMO dan Dr Yaroslav Lisovolik.

Dalam pertemuan dibahas mengenai pentingnya peran perdagangan bagi pertumbuhan perekonomian dan penyediaan lapangan kerja, serta masa depan dari sistem perdagangan multilateral di bawah World Trade Organization (WTO)--yang masa tugas Direktur Jendralnya akan berakhir pada 31 Agustus 2013.

Pertemuan antarkedua pejabat tinggi ini berlangsung dalam suasana yang positif dan bersahabat.

Keduanya menyepakati bahwa sistem perdagangan multilateral adalah penting dan dapat memberi manfaat bagi negara-negara yang ingin menjadi bagian dari perekonomian global.

Oleh sebab itu, dirasa penting untuk mening katkan kepercayaan terhadap sistem perdagangan multilateral ini.

Dalam siaran pers Minggu (24/2/2013) dijelaskan, secara khusus Mari Pangestu menyampaikan penghargaan kepada Russia yang baru saja menjadi anggota WTO dan sukses menyelenggarakan APEC 2012 yang salah satu hasilnya adalah usulan daftar barang-barang yang dikategorikan ramah lingkungan (environmental goods).

Tahun ini, Russia akan menjadi tuan rumah pertemuan pemimpin G-20, sementara Indonesia menjadi tuan rumah APEC.

Kedua pertemuan tingkat tinggi tersebut sangat penting untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan yang berimbang.

Diharapkan, kedua pertemuan ini juga menekankan kembali pentingnya sektor perdagangan bagi pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, dan keyakinan terhadap sistem perdagangan multilateral.

Untuk yang terakhir ini, diharapkan baik para pemimpin APEC dan G-20 mendorong agar pertemuan tingkat menteri antaranggota WTO yang akan berlangsung di Bali akhir tahun ini berlangsung dengan sukses dan menghasilkan kesepakatan penting.

Berkaitan dengan hubungan bilateral, kedua belah pihak membahas kerja sama strategis serta dialog mengenai perdagangan dan investasi yang telah dimulai saat Mari Pangestu masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Hal tersebut tercermin dari perdagangan antarkedua negara yang telah tumbuh dan nilainya mencapai 3 miliar dollar AS serta kemajuan di sektor investasi.

Keduanya menyepakati bahwa memfasilitasi pergerakan orang adalah hal penting dan harus menjadi perhatian untuk memperkuat hubungan bilateral.

Editor :

Tjahja Gunawan Diredja


Anda sedang membaca artikel tentang

Mari Pangestu Temui Tokoh Penting di Russia

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2013/02/mari-pangestu-temui-tokoh-penting-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mari Pangestu Temui Tokoh Penting di Russia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mari Pangestu Temui Tokoh Penting di Russia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger