Tips Merayakan Tahun Baru China

Written By bopuluh on Jumat, 08 Februari 2013 | 23.27

KOMPAS.com - Tahun Baru China menjadi perayaan sendiri bagi warga dunia mengingat banyaknya populasi masyarakat Negeri Panda ini hingga menyebar ke seluruh belahan dunia. Nah, sebagai masyarakat yang bukan keturunan etnis China, ternyata banyak hal juga yang bisa dilakukan untuk turut memeriahkan perayaan tahunan ini.

Mengunjungi Kelenteng

Ziarah ke kelenteng ternyata merupakan sebagian kekayaan budaya. Meski mungkin masih asing bagi sebagian orang, apalagi yang bukan berasal dari etnis Tionghoa. Cobalah mengunjungi kelenteng dimana sedang berlangsung sembahyang tahun baru dan bergabung dengan mereka dengan membawa tiga batang dupa (atau kelipatan tiga). Perayaan tahun baru paling ramai ialah saat tegah malam tahun baru. Jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda maraknya Tahun Baru China, datanglah pada saat itu.

Makan Makanan Keberuntungan

Bagi kebanyakan keluarga China, ikan ialah makanan wajib pada saat tahun baru layaknya kalkun saat perayaan Thanksgiving. Karena dalam bahasa Mandarin, kata ikan (yu) terdengar seperti "kelebihan", menyiratkan keberlimpahan pada tahun yang akan datang.

Adapun makanan yang wajib ada saat tahun baru biasanya cake taro, kue lobak, jau gok (sejenis pangsit yang renyah), dan babaofan (puding beras). Ada pula niangao (kue beras ketan) yang dalam bahasa Mandarin, terdengar seperti "peningkatan tahun" yang menandakan tahun kemajuan dan kemakmuran.

Menonton Festival

Saat Tahun Baru China, biasanya banyak disajikan beragam hiburan berbau Negeri Tirai Bambu tersebut. Mulai dari nyanyian, atraksi, komedi, bahkan film-film televisi bertemakan China akan banyak hadir sepanjang tahun baru. Orang-orang yang menghibur pun biasanya ialah keturunan China. Dengan menonton, menjadi salah satu cara untuk lebih mengenal Negeri China.

Melihat Kembang Api

Kembang api dan petasan merupakan hal yang pasti ada dalam Tahun Baru China. Di negeri asalnya, saat tahun baru akan ada kembang api yang akan sangat meriah menerangi langit dari segala penjuru negeri hingga ke kota-kota kecil. Setiap tahun di Taijiang, Provinsi Guizhou akan diadakan perayaan tahun baru kembali di hari ke-15 dengan barongsai dan pesta kembang api.

Di negara dengan populasi etnis China berdomisili seperti Singapura dan Indonesia biasanya juga akan menampilkan kembang api untuk merayakan tahun baru.

Mengunjungi Bazar

Menyambut Tahun Baru China banyak mal dan toko yang menggelar bazar tahun baru. Mereka akan menjual beragam pernak-pernik mulai dari bunga, permen, pakaian dan ornamen-ornamen khas China. Tetapi mungkin kebanyakan ornamen pernak-pernik tersebut kini akan bertemakan ular sesuai dengan zodiak tahun ini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tips Merayakan Tahun Baru China

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2013/02/tips-merayakan-tahun-baru-china.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tips Merayakan Tahun Baru China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tips Merayakan Tahun Baru China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger