Sepekan, IHSG Hanya Naik 1,31 Persen

Written By bopuluh on Sabtu, 09 Maret 2013 | 23.27

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam perdagangan sepekan hanya menguat 62,88 poin (1,31 persen). Jumlah tersebut lebih rendah dari pekan sebelumnya yang mampu menguat 160,49 poin (3,45 persen).

Analis Trust Securities Reza Priyambada mengatakan kenaikan IHSG tersebut masih ditopang oleh kenaikan indeks regional dan global. Selain itu, sentimen positif dari kebijakan di negara regional dan global juga memicu penguatan IHSG ini.

"IHSG setiap pekan selalu berhasil mencapai posisi tertinggi terbarunya sepanjang masa. Karena IHSG sepertinya ingin mencoba menggapai langit berikutnya yang lebih tinggi," kata Reza di Jakarta, Minggu (10/3/2013).

Menurut Reza, mungkin banyak kalangan menilai bahwa IHSG sudah mencapai level tertingginya bahkan sudah mencapai area jenuh beli (overbought). Namun Reza menilai bahwa kondisi IHSG saat ini memang masih didukung oleh banyaknya sentimen positif, baik dari sisi internal maupun eksternal. Sehingga IHSG akan tetap bertahan di area overbought-nya dan mungkin akan merasa nyaman di zona hijaunya.

Bahkan dalam setiap analis teknikalnya, level support sudah menjadi resisten dan resisten bisa menjadi support tergantung dari tren yang dibentuk IHSG. "Kami lebih melihat kondisi riil di lapangan dimana selama IHSG masih didukung oleh banyaknya sentimen positif maka IHSG akan mencoba menggapai langit berikutnya," tambahnya.

Sepanjang pekan kemarin, meskipun terdapat aura profit taking, namun pelemahan hanya terjadi pada indeks keuangan yang turun 7,08 poin (1,08 persen). Di sisi lain, penguatan terjadi pada indeks properti (5,63 persen) indeks aneka industri (2,20 persen) dan indeks manufaktur (2 persen) serta indeks lainnya yang turut menghijau.

Diperkirakan, pekan depan IHSG akan berada pada rentang Support 4.735-4.828 dan Resisten 4.901-4.926. Setelah IHSG kembali menabrak dan melampaui target resisten dari Trust Securities di level 4.823-4.838, Reza akan kembali mencoba menaikkan target resisten selanjutnya. Nantinya akan dilihat kembali apakah IHSG mampu "menggapai langit berikutnya".

"Kembali kami mengingatkan jika nantinya target resisten tersebut gagal tercapai maka perlu diwaspadai potensi downreversal," tambahnya.

Terlihat bahwa sepanjang pekan kemarin, emiten-emiten yang telah diupload laporan keuangannya di website BEI ada sebanyak 14 emiten, di antaranya BBNI, SDRA, TLKM, KAEF, BAEK, BFIN, AALI, MERK dan sebagainya.

Dari rilis emiten tersebut, terlihat mayoritas kinerja keuangannya menunjukkan adanya peningkatan. Bahkan emiten seperti ELSA yang pendapatannya hanya naik tipis namun untuk downline-nya mampu menghasilkan peningkatan laba yang diatribusikan kepada pemilik dibandingkan dengan sebelumnya yang mengalami kerugian.

"Pencapaian yang lebih baik dari laporan keuangan emiten membuat penilaian terhadap sahamnya pun juga naik dan kondisi inilah yang menopang laju kenaikan IHSG," ungkapnya.

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Sepekan, IHSG Hanya Naik 1,31 Persen

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2013/03/sepekan-ihsg-hanya-naik-131-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sepekan, IHSG Hanya Naik 1,31 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sepekan, IHSG Hanya Naik 1,31 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger