Jokowi: Seharusnya Peserta Lelang Lolos Semua

Written By bopuluh on Senin, 29 April 2013 | 00.27

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Widodo puas atas pelaksanaan uji kompetensi bidang dalam seleksi dan promosi terbuka, atau lelang jabatan. Dengan memberikan soal yang familiar dilakukan oleh pamong setingkat lurah dan camat, mantan Wali Kota Surakarta ini yakin semua peserta ujian bisa lulus tes kompetensi bidang tersebut.

"Soal itu tentang keseharian mereka, pertanyaan yang sehari-hari mereka lakukan. Memang enggak ada kesulitan, harusnya kan lolos semua," kata Gubernur DKI Jakarta ini di Balaikota Jakarta, Senin (29/4/2013).

Untuk diketahui, sejumlah peserta uji kompetensi bidang untuk posisi lurah dan camat menganggap soal ujian sangat mudah. Saking mudahnya, bahkan ada yang menyelesaikan 60 butir soal lebih cepat dari 60 menit waktu yang diberikan.

Uji kompetensi bidang telah selesai digelar pada 27-28 April kemarin. Dari total 1.118 peserta, sekitar 80 di antaranya diketahui tak ikut ujian dengan berbagai alasan.

Jokowi menyampaikan, setelah lolos ujian ini, para peserta akan memasuki babak baru. Sekitar dua sampai tiga tes berikutnya sudah menanti. Dan pada akhirnya, para peserta yang lolos melewati tahap demi tahap akan bertemu langsung dengan Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama untuk presentasi visi serta misi, sekaligus wawancara.

"Itu kan masih ribuan, nanti kalau pesertanya sudah semakin tipis, baru saya lihat," ujarnya.

Proses lelang jabatan digelar dengan terbuka, bertahap, dan dilakukan pendampingan. Ujian dalam sistem ini juga tak hanya mencakup uji wawasan dan uji kompetensi bidang, tapi juga wajib mengikuti psikotes dan tes kepribadian.

Proses lelang akan ditentukan oleh hasil ujian. Pemerintah Provinsi DKI menjamin tak ada seorang pun calon yang menjadi prioritas dalam proses lelang jabatan ini.

Ada tiga hal yang wajib dimiliki oleh para kandidat, yakni responsif pada masalah di lapangan, memiliki kompetensi dan kemampuan analisis sosial, serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi: Seharusnya Peserta Lelang Lolos Semua

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2013/04/jokowi-seharusnya-peserta-lelang-lolos.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi: Seharusnya Peserta Lelang Lolos Semua

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi: Seharusnya Peserta Lelang Lolos Semua

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger