Australia Pertimbangkan Teknologi Penghenti Penerima Sinyal Ponsel di Mobil

Written By bopuluh on Sabtu, 24 November 2012 | 23.27

ADELAIDE, KOMPAS.com - Teknologi yang bisa menghentikan penerimaan sinyal telepon seluller, harus dipasang di dalam mobil pengendara yang berulang kali berbicara atau mengirim SMS ketika berkendara.

Desakan itu muncul dari Kepala Komisi Kecelakaan Lalu Lintas Australia (MCA), Roger Cook,saat statistik menunjukkan bahwa 12.000 pengendara mobil (33 orang tiap hari) di seluruh Australia dikenai denda karena menggunakan telepon mereka. Angka denda ini mencapai lebih dari 4 juta dollar AS (hampir 40 miliar rupiah).

Roger Cook mengatakan, kebiasaan menggunakan telepon ketika mengendara sudah menjadi budaya, padahal ini membahayakan si pengendara maupun orang lainnya. "Bila kita tidak bisa mengubah budaya ini, maka pemerintahan negara bagian masing-masing harus mengubah peraturan dan membuat telepon para pengendara ini tidak berfungsi." kata Roger Cook, seperti dilaporkan situs news.com.au, hari Minggu (25/11/2012).

Teknologi untuk menghentikan penerimaan sinyal ini sudah mulai dijual di Inggris, dan berharga sekitar 230 dolar (hampir 2.5 jt rupiah). Alat bernama Bluetooth CU80 akan menghentikan penerimaan sinyal, ketika mobil sedang bergerak. Alat ini bisa dipasang di bawah stang, dan secara otomatis akan menghentikan masuknya sms, email, apps, dan sosial media, namun masih bisa menelepon nomor panggilan darurat.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, di South Australia (Adelaide dan sekitarnya), mereka yang berulang kali mengendarai dibawah pengaruh alkohol harus memasang alat penguji alkohol, yang akan membuat mereka tidak bisa mengendara bila alat tersebut mendeteksi adanya alkohol dalam darah.

Roger Cook mengatakan, dia akan mendiskusikan teknologi ini dengan polisi dan pemerintah negara bagian di Australia awal tahun depan. RAA dan Pusat Penelitian Keselamatan Berkendara Universitas Adelaide mendukung rencana ini, dan pemerintah negara bagian dilaporkan bersedia mengkaji teknologi yang ada, dalam usaha mengurangi angka kematian di jalan raya.

Menurut Roger Cook, kampanye yang dilakukan dalam lima tahun terakhir sudah berhasil mengurangi kecepatan berkendara, namun belum dalam soal penggunaan telepon. Angka yang dikeluarkan polisi menunjukkan bahwa di tahun 2010-2011, denda yang dikeluarkan untuk mereka yang melebihi kecepatan, 54.000 lebih sedikit dibandingkan empat tahun sebelumnya. Sementara denda untuk penggunaan telepon naik dari 3620 menjadi 12.239 sejak tahun 2005.

Denda karena penggunaan telepon sambil mengendara di South Australia adalah 291 dolar (hampir Rp 3 juta).

Roger Cook menambahkan, pengendara "memiliki kemungkinan empat kali lebih bedsar terlibat kecelakaan" ketika mengendara sambil menelpon, dan " ini tindakan egois karena akan melibatkan orang lain dalam kecelakaan."  Dan mereka yang mengirim SMS sambil berkendara 10 kali lebih besar kemungkinan mengalami kecelakaan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Australia Pertimbangkan Teknologi Penghenti Penerima Sinyal Ponsel di Mobil

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2012/11/australia-pertimbangkan-teknologi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Australia Pertimbangkan Teknologi Penghenti Penerima Sinyal Ponsel di Mobil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Australia Pertimbangkan Teknologi Penghenti Penerima Sinyal Ponsel di Mobil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger