Jokowi: Warga Waduk Ria Rio Sama Sulitnya dengan Waduk Pluit

Written By bopuluh on Rabu, 21 Agustus 2013 | 00.27


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Joko Widodo mengaku merelokasi warga di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur sama tingkat kesulitanya dengan merelokasi warga di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Meski demikian, ia tetap optimis dapat menyelesaikan penataan kawasan waduk itu.

"Sulitnya sama saja," ujar Jokowi ke wartawan di Balaikota, Jakarta pada Rabu (21/8/2013).

Meski demikian, kata Jokowi, pihaknya tetap optimistis mampu merelokasi sekitar 500 kepala keluarga yang bermukim di sisi timur waduk itu ke rumah susun. Adapun, rusun yang digunakan bagi relokasi warga adalah Rusun Cipinang Besar Selatan, Rusun Pinus Elok dan Rusun Marunda.

Meski telah menyiapkan rusun relokasi, Jokowi mengaku belum menyentuh proses relokasi. Pihak yang diutus, yakni Wali Kota dan Camat baru melakukan tiga kali pertemuan untuk sosialisasi penataan kawasan pada warga target relokasi.

"Baru berbicara. Kalau sudah ada titik temu, baru saya mau sampaikan. Nanti ada berita yang ndak-ndak malah susah prosesnya," lanjut Jokowi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu pun menargetkan, relokasi itu bisa dilaksanakan tahun ini. Sedangkan penataan kawasan waduk seluas sekitar 25 hektare tersebut rampung di tahun 2014 mendatang.

Sebelumnya, kawasan Waduk Riario akan dibangun oleh empat instansi. Sisi barat, timur dan utara akan dibangun oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Sedangkan sisi selatan akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo.

Adapun normalisasi waduk akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Semuanya menggunakan APBD. Kondisi yang ada kini, Waduk Riario tampak tak tertata.

Permukaannya dipenuhi tanaman eceng gondok. Sisi timur dipenuhi permukiman kumuh. Sisi lainnya dipenuhi ilalang dan pohon pisang. Total, kawasan itu seluas 25 hektare sedangkan luas waduk seluas 9 hektare.

Editor : Ana Shofiana Syatiri

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi: Warga Waduk Ria Rio Sama Sulitnya dengan Waduk Pluit

Dengan url

http://healthynutritionofchildren.blogspot.com/2013/08/jokowi-warga-waduk-ria-rio-sama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi: Warga Waduk Ria Rio Sama Sulitnya dengan Waduk Pluit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi: Warga Waduk Ria Rio Sama Sulitnya dengan Waduk Pluit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger